Kredensial adalah suatu proses yang digunakan untuk melakukan verifikasi terhadap kualifikasi, pengalaman , profesionalisme yang berhubungan dengan kompetensi , performance, dan profesionalisme tenaga Kesehatan dalam suatu profesi dalam menunjang pelayanan Kesehatan yang berkualitas dengan mengutamakan aspek keselamatan pasien.

Kegiatan yang dilakukan oleh Tim Komite Tenaga Kesehatan profesi dari IDI, IDGI, PPNI dan IBI bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Labuhanbatu Utara dilaksanakan di Puskesmas Simangalam, Selasa 25/06/2024.

Kegiatan dilanjutkan dengan pelaksanaan kredensial oleh  Tim penguji . Kredensial meliputi review, verifikasi,dan evaluasi kompetensi dengan metode portofolio kelengkapan dokumen seperti ijazah, STR, SIK, logbook dan sertifikat pelatihan serta surat keterangan sehat, wawancara, praktek dan uji tulis komite.

Kredensialing dilaksanakan dengan tujuan agar mendapatkan tenaga Kesehatan yang kompeten dan dapat menjalankan kewenangan klinis yang diberikan, sehingga dapat meningkatkan mutu pelayanan, memberikan perlindungan terhadap keselamatan pasien , masyarakat, perlindungan kepada SDM serta meningkatkan kepuasan pasien.